Apa Itu Takdir? Apa Itu Cobaan? Ini Penjelasan Saya

Apa Itu Takdir? Apa Itu Cobaan? Ini Penjelasan Saya

Banyak yang bilang hidup di dunia ini hanyalah sementara, memang benar. Kita hidup di dunia ini hanyalah sementara, sementara itu banyak yang bilang “Hidup di dunia ini hanya sementara, nikmati saja.” Menurutku perkataan itu kurang baik, hal ini menjadikan anda sebagai seseorang yang meremehkan kehidupan dan akan menyianyiakan kehidupan. Jika hidup anda di dunia ini sia – sia rugi dong anda? Kita hidup di dunia ini untuk mencari bekal di kehidupan yang akan kekal abadi, bekal kita bukan makanan, uang ataupun perhiasan namun sebuah kebaikan dan juga syarat dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan apa yang jadi larangannya. Namun jangan bilang kebutuhan di dunia ini tidak penting, kebutuhan di dunia ini tidak kalah penting karena dengan terpenuhinya kebutuhan di dunia akan mempermudah anda mencari bekal untuk di akhirat kelak. Misalnya saja anda setiap hari sehabis sholat selalu berdzikir hingga anda rasa bekerja itu tidak penting karena anda juga bakal mati, anda salah besar! Karena menurut saya berdzikir itu bukanlah hal yang buruk namun terus – terusan berdzikir itu kalah baik dengan bekerja keras mencari uang halal untuk kelancaran hidup dan saling menolong. Jika anda tidak bekerja dan tidak mendapatkan uang, lalu darimana anda bisa membayar zakat? Atau maunya menerima zakat? Miskin dong! Anda mau miskin? Kalau anda miskin mungkin ibadah anda akan menjadi lebih buruk, karena dapat saya lihat dan pikirkan tidak sedikit pula seorang jalanan ataupun gelandangan yang tidak meninggalkan sholat. Contoh saja rekan kerja saya yang hidupnya berkecukupan saja tidak sedikit yang meninggalkan shalat apalagi yang kekurangan, mungkin bakalan lupa namun tidak semuanya sih.

Nah dari sekilas kata yang dapat saya sampaikan di atas semoga tidak terjadi kesalahan. Saya membuat artikel ini dengan niat yang baik, dan niat yang baik itu hanya anda yang merasakan dan saya juga berniatan agar ilmu saya yang sedikit ini bermanfaat dan dapat di bagikan kepada temen – teman anda, juga agar blog ini mendapatkan traffic yang tinggi agar dapat menghasilkan uang (hehehee). Jika anda berminat untuk mendownload permainansoftware atau baca tutorial mengenai blog atau unik. Oke, kali ini RongsoQan akan memosting sebuah artikel yang berjudul Apa Itu Takdir? Apa Itu Cobaan? Ini Penjelasan Saya.

Takdir menurut saya adalah sebuah ketetapan, namun ketetapan itu ada yang tidak bisa di rubah seperti kehidupan dan kematian, dan adapula yang dapat dirubah namun keputusan akhir tetap pada Allah SWT seperti halnya rezeki dan jodoh. Anda keluar dari perut sang Ibu itu bukan takdir kehidupan yang di maksud, karena anda lahir dari perut sang Ibu dapat ditentukan dengan canggihnya alat masa kini yaitu dengan menggunakan oprasi sesar. Jadi yang sebenarnya belum saatnya anda lahir dari perut sang Ibu dapat ditentukan dengan operasi sesar. Takdir kehidupan yang sesunguhnya adalah ketika Allah SWT telah memberikan roh atau kehidupan di dalam perut sang Ibu. Lalu bagaimana sebenarnya takdir kematian? Apakah anda mati bunuh diri di sebut takdir? Banyak yang keliru tentang jawaban dari pertanyaan ini. Saya coba jelaskan,  mati bunuh diri itu bukanlah takdir! Takdir kematian yang sesungguhnya adalah ketika anda mati pada waktu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Jadi mati bunuh diri itu belum waktu yang ditetapkan? Benar. Jasad anda memang telah rusak dan tidak dapat dipergunakan, jadi anda hidup tanpa menggunakan raga. Anda hidup hanya dengan roh, mungkin bisa disebut ini yang namanya gentayangan dan anda harus percaya dengan adanya hal gaib.

Apa Itu Takdir? Apa Itu Cobaan? Ini Penjelasan Saya
Contoh pertanyaan saya dalam sebuah forum group di facebook


Rezeki adalah takdir yang dapat anda ubah ketika anda bekerja keras dan kemauan anda, namun keputusan akhir tetap pada Allah SWT. Jadi jika anda sudah bekerja keras dan tetap kekurangan cobalah koreksi diri anda, kurang apa anda? salah apa anda? jangan sampai mengeluarkan kalimat serupa “takdirnya sudah begini” anda jangan menyalahkan takdir, salahkan saja diri anda sendiri mengapa anda begini. Jodoh tergolong dalam takdir yang dapat diubah, misalnya anda di tempatkan dalam dua pilihan. Anda memilih pasangan hidup antara si A dan si B dan inilah yang disebut dengan Cobaan.

Cobaan menurut saya adalah sebuah keadaan di dalam sebuah pilihan. Namanya pilihan jadi banyaklah ada dua pilihan atau tiga, empat, bahkan lebih. Kebingunan dalam sebuah pilihan itulah cobaan. Jadi jangan asal ucap ketika anda dapat musibah itu suatu cobaan, lagi – lagi cobalah koreksi diri anda sendiri dan jangan sampai anda menyalahkan Allah SWT karena Allah SWT tidak pernah menyulitkan hambanya. Anda hidup dibekali akal pikiran jadi gunakanlah sebaik – baiknya. Terkadang banyak orang yang ketika tertimpa musibah menyebutnya sebuah cobaan dan mengeluh kepada Allah dan mungkin tidak sengaja ada perasaan menyalahkan sang pencipta yang maha adail. Anda terkena musibah bisa dikarenakan iblis dan karena hukuman, maksud dari hukuman bukan karena Allah SWT menyulitkan hambanya namun karena andanya sendiri yang terlalu dzalim. Jadi hal ini masihlah karena kesalahan anda, kenapa anda dzalim? Lagi – lagi koreksilah diri anda sendiri dan salahkan diri anda sendiri karena memang anda bersalah.


Nah semoga postingan artikel Apa Itu Takdir? Apa Itu Cobaan? Ini Penjelasan Saya bermanfaat untuk anda dan anda, sudah dibagian akhir satu pesan buat anda “Katakan yang salah itu salah dan yang benar itu benar walaupun tak bersuara”. Jika ada yang salah dalam perkataan dalam kata yang saya tulis saya minta maaf dan apabila ada yang keliru cobalah benarkan, dan dalam kata di atas saya mencoba tidak sok pintar, baik maupun benar. Akhir kata terima kasih dan sampai jumpa di postingan yang tak kalah menarik dengan Apa Itu Takdir? Apa Itu Cobaan? Ini Penjelasan Saya yang pastinya di RongsoQan.

12 comments:

  1. Penjelasannya menarik gan ^^ takdir dibagi 2 kan ?

    ReplyDelete
  2. Jadi gini, kata "Takdir" memiliki makna sesuatu yang sudah ditetapkan dan tidak dapat diubah. Berarti jika dapat diubah itu bukan takdir.

    Kematian, Tuhan sudah mentakdirkan kematian. Semua yang hidup pasti mati. Bener, Tuhan mentakdirkan manusia mati jika tubuh sudah tidak dapat berfungsi lagi, itu takdirnya. Namun manusia dapat membuat tubuhnya sendiri tidak berfungsi, jadi dia mati (bunuh diri). Kecelakaan, orang berkendara dengan tidak hati2 beresiko kecelakaan dan membuat tubuh tidak berfungsi, tapi jika dia hati2, dia dapat terhindar dari kecelakaan dan tidak berfungsinya tubuh (menghindari kematian).

    Rezeki, Salah satu nama Tuhan adalah Maha Adil, tapi kenapa ada yg kaya ada yg miskin? Bukan karena Tuhan mentakdirkan si A kaya dan si B miskin, karena Tuhan Maha Adil. Tuhan mentakdirkan setiap orang memiliki potensi yg sama kuat untuk kaya, tinggal individu mampu memanfaatkan potensi masing2 apa tidak. Untuk dapat memanfaatkan potensi tentu ada rintangannya yg disebut Cobaan. Di sinilah peran cobaan, yaitu untuk menyeleksi siapa yg pantas menerima rezeki. Jika berhasil melewati cobaan, dia akan menjadi si kaya dan jika gagal, dia akan menjadi si miskin.

    Jodoh, Takdir Tuhan hanyalah menentukan bahwa seorang laki2 ditakdirkan berjodoh dengan perempuan. Sedangkan yang menentukan siapa jodoh kita ya kita sendiri, pilih yang sesuai. Jika mendapat jodoh yang tidak sesuai, jangan salahkan takdir, karena takdir TIDAK menentukan siapa jodohmu? Berusaha pilih jodoh yang kita sukai, di sini rintangan atau cobaan akan berperan lagi untuk menyeleksi Apakah Kita Pantas Dengan JODOH yang kita pilih.

    Cobaan, Cobaan bukanlah pilihan. Pilihan hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis cobaan. Cobaan adalah sebuah tes/ujian dari Tuhan untuk menentukan siapa saja yang pantas naik drajatnya (Berhasil) bauk dalam Jodoh maupun Rezeki. Seperti halnya saat sekolah, ada ujian untuk naik kelas dan salah satu jenis soalnya adalah Pilihan Ganda. Jika kita berhasil lulus ujian di sekolah, kita bisa naik kelas. Jadi jika tertimpa cobaan, maka bersyukurlah karena sebenarnya sebentar lagi Anda akan naik derajat jika lulus.

    Itulah manusia, yang diciptakan Tuhan diberikan kemampuan untuk menentukan kehidupan mereka sendiri.

    Rezeki, Jodoh, dan Kematian memang telah ditakdirkan oleh Tuhan, namun dengan penjelasan seperti di atas. itu pemahaman saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya gan, komentar yang bagus. komentar anda seperti halnya menurut orang lain. tapi menurutku itu kurang benar. terimakasih sudah berkomentar saya hargai ^^

      Delete
    2. Beda gan,,kalo menurut orang lain Takdir Jodoh, Rezeki, Kematian diatur sama Tuhan. Jumlah rezeki diatur Tuhan, siapa jodohnya diatur Tuhan, Tanggal kematian diatur Tuhan,,itu yang biasa dimengerti orang lain. Dan kalo Takdir, saya mengartikannya secara bahasa.

      Delete
    3. ya mungkin, tapi keputusan akhir tetap ada pada Allah, cobaan yang agan jelaskan kayanya sama kaya pemahaman orang lain. coba deh baca lagi pas penjelasan cobaan ^^

      Delete
  3. sebenarnya takdir itu kita yg buat atau tuhan yg atur ?? seandainya ada org bunuh diri, itu kan pilihan dia . apakah itu bisa di bilg takdir di tangan tuhan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. takdir mati yang sesungguhnya mati seluruhnya, kalau bunuh diri itu cuma raganya saja

      Delete
  4. Terlepas dr apa itu takdir, sebagai manuasia kita wajib malakukan sswtu semaksimal mungkin dalam segala hal

    ReplyDelete
  5. Manusia bisa merencanakan, tapi tuhanlah yang menentukan, memang benar tapi jangan jadikan semua itu sebagai alasan untuk tidak berusaha karena berfikir akan jadi sia sia. Ingat tidak ada yang sia sia didunia ini

    ReplyDelete