Cara Merawat Laptop Baru agar Awet

cara merawat laptop baru agar awet.jpg
Pembuka

Pada kesempatan ini, saya mau berbagi bagaimana "cara merawat laptop baru agar awet". Sebenarnya bukan untuk laptop baru saja sih, untuk laptop yang lumayan lama juga bisa menggunakan tips ini. Namun berhubung judulnya ada kata kunci agar awet jadi ditujukan terutama untuk laptop baru. Soalnya kan kebanyakan kalau agar awet itu identik dengan barang baru pemakaian.

Nah, tips yang akan saya berikan ini juga tergolong mudah. Kalian tidak perlu ahli dalam bidang IT atau repot membongkar laptopnya. Karena ini merupakan tips sebelum terjadi pada kerusakan laptop kalian. Tips ini bisa dipercaya juga bisa tidak, tergantung keputusan dari pemikiran kalian.

Cara Merawat Laptop Baru agar Awet


Pertama setelah pembelian laptop, kondisi laptop yang kalian dapat pasti terlihat baru dan bersih. Nah untuk yang pertama, agar laptop kalian awet, kalian harus menjaga kebersihan laptop (1). Poin satu menjaga kebersihan laptop meliputi kebersihan layar dan bagian keyboard. Keyboard ini sangat rentan bila ada debu yang menyelip pada tombol, maka biasanya tidak akan bisa ditekan (berfungsi).

Selanjutnya, kalau kalian mengoperasikan laptop di rumah, jangan copot baterai dan menyalurkan langsung cas ke listrik (2). Dulu saya pernah dibilangin sama tetangga, saya disuruh lepas baterai kalau dipake di rumah, katanya biar baterai awet. Ternyata, kalau listrik tiba-tiba mati (otomatis laptop ikut mati), maka yang dihasilkan adalah terbakarnya komponen pada laptop. Ini pengalaman dari saya, kata tukang toko laptopnya gitu. Padahal baru beli, untung masih garansi, jadi servis gak bayar.

Kemudian masalah selanjutnya yang banyak dialami oleh pengguna laptop adalah baterai laptop yang rusak (soak). Kebanyakan laptop tidak bisa dinyalakan kalau baterai tidak di cas (karena batera soak). Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, caranya adalah cabut cas dari aliran listrik kalau pengisian baterai sudah penuh (3). Jujur baterai laptop saya sendiri sudah soak, karena saya dulu tidak tau menau soal merawat laptop. Saya juga menggunakan laptop istilahnya tidak ukuran, berjam-jam saya menggunakannya. Jadi seperti memaksakan pemakaian laptop, saya pakai lama-lama dan terus menerus setiap hari. Nah maka dari itu, kalian harus memberi istirahat yang cukup untuk lama penggunaan laptop (4).

Penutup

Nah cuman itu yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang baru beli laptop dan masih awam dengan laptop. Oh ya dan kalau mau install software atau game, kalau pas menjalankan game atau software itu lemot (ngelag), maka jangan diteruskan. Bisa jadi malah merusak komponen yang berperan dalam hal tersebut.

Demikian terimakasih dan sampai jumpa di postingan lainnya.

0 komentar:

Post a Comment