Merancang Masa Depan dengan Mengenali Potensi Diri

merancang masa depan dengan mengenali potensi diri

Apasih potensi diri itu? Simpelnya, potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki seseorang baik yang sudah terwujud atau masih terpendam (belum terwujud) namun belum sepenuhnya terlihat maupun dipergunakan secara maksimal.

Sedikit curhatan mengenai diri saya sendiri. Dulu ketika saya masih SMP, ketika menjelang kelulusan, saya bingung mau melanjutkan sekolah dengan ambil jurusan apa, yang pasti tujuan saya adalah masuk ke sekolah menengah kejuruan (SMK). Mungkin bagi kamu (pelajar) juga pernah mengalami hal serupa dengan apa yang saya alami, apalagi kalau mau melanjutkan kuliah setelah lulus SMA/SMK sederajat, pasti sulit menemukan jurusan perkuliahan yang tepat untuk masa depan yang baik. Studi kasusnya adalah banyak mereka yang bingung menentukan pilihan kejenjang selanjutnya. Lalu bagaimana solusi mengatasi hal serupa tersebut?

Akhir-akhir ini saya banyak melihat share tulisan di media sosial Facebook yang diduplikasi dari isi video youtube Deddy Corbuzier dengan judul video SEKOLAH ? GAK GUNA!!!. Nah dalam video tersebut terdapat beberapa poin penting di dalamnya yang saya rasa memang manteb. Kalau kamu belum pernah menontonnya, berikut di bawah ini videonya.


Meskipun judul video tersebut "SEKOLAH ? GAK GUNA!!!" namun dalam isinya, Deddy Corbuzier tetap mengutarakan kalau sekolah itu penting. Tapi TIDAK menentukan kesuksesan. Dalam videonya juga mengutarakan kenapa mata pelajaran yang jelek malah yang di les kan, padahal anak tersebut memang tidak suka dan tidak menguasainya. Dan seharusnya, orang tua mendukung penuh bidang apa yang disukai oleh anaknya, inti kata Deddy Corbuzier.

Nah dalam video tersebut, saya dapat memetik sesuatu yang amat penting menurut saya sendiri yaitu merancang masa depan dengan mengenali potensi diri. Dengan mengetahui potensi diri, sesuai studi kasus di atas, kita bisa menentukan apa yang cocok untuk dipilih pada jenjang selanjutnya sesuai potensi diri kita masing-masing sehingga kita dapat mengembangkan potensi tersebut di dalamnya.

Itulah kesimpulan saya yang dimaksud dengan merancang masa depan dengan potensi diri. Kita di masa depan, berjalan sesuai potensi diri! Bukankah itu hal yang menarik, menyenangkan dan tentunya bikin nyaman? Ibaratnya, hal ini beda tipis dengan "hobi yang menghasilkan". Tentu dengan menjalankan suatu hal berdasarkan potensi diri, maka suatu hal tersebut akan berjalan lebih asyik.


Nah masalahnya, kebanyakan dari kita tidak atau belum mengetahui potensi diri apa yang kita miliki. Sehubungan dengan itu, hal ini perlu diperhatikan bagaimana kita bisa mengenali potensi diri yang kita miliki sebagai bagian untuk merancang masa depan.

Kenali Potensi Diri dengan Youthmanual

kenali potensi diri dengan youthmanual

Sebelum ke Bagaimana cara mengenali potensi diri dengan Youthmanual, penting kalanya saya kasih tahu terlebih dulu apa itu Youthmanual. Youthmanual adalah suatu platform (www.youthmanual.com) yang membantu dalam persiapan kuliah maupun karir online berbasis data yang didukung oleh teknologi People Science © yang dikembangkan menggunakan riset ilmiah dan bertujuan untuk membantu siswa dalam merancang dan mempersiapkan masa depan dengan karir terintegrasi, berkesinambungan dan komprehensif. Jadi dengan Youthmanual ini, kamu gak cuman dibantu mengenali potensi diri kamu, sekalian kamu dibantu menentukan jurusan kuliah maupun karir yang sesuai dengan potensi diri dan masih banyak lagi tips-tips lainnya.

tentang youthmanual


Namun untuk bisa menikmati fasilitas yang manteb dari Youthmanual tersebut, kamu harus mendaftar terlebih dulu agar memiliki akun premium Youthmanual. Sayangnya, kamu di sini harus mengeluarkan budget sebagai biaya pendaftaran untuk mendapatkan akun Youthmanualmu. Sebelum ke berapa biaya pendaftaran untuk mendapatkan akun premium Youthmanual, sebaiknya kamu simak terlebih dulu gimana fitur premiumnya, biar kamu semakin yakin dengan Youthmanual.

Fitur Premium Youthmanual


Dalam fitur premium ini, setelah mengisi form pendaftaran maka kamu akan dikirimi notifikasi email yang dikirimkan ke akun email yang kamu isikan pada form sebagai pendaftaran. Setelah mendapat notifikasi, maka kamu sudah bisa login dengan menggunakan email tersebut atau langsung saja klik tautan Youthmanual pada notifikasi email tersebut. Maka pertama, kamu akan dihadapakan pada Peta Perjalanan yang mana terdapat 10 tahapan penting yang harus kamu selesaikan untuk mengenali dan menggaris bawahi potensi diri yang kamu miliki serta menemukan rekomendasi sebagai putusan yang tepat untuk masa depanmu.

Sepuluh tahapan penting pada peta perjalanan tersebut akan saya bahas satu persatu dimulai dari tahapan yang pertama.


1. Pengenalan Diri
pengenalan diri

Seperti biasa pada tahap awal, kamu harus mengisikan identitas kamu pada formulir pengenalan diri yang sudah disiapkan. Pada tahap pertama ini saya rasa sangat mudah dan gak banyak saya dijelaskan, toh cuman ngisi gitu-gitu aja. Asalkan identitas diisi dengan benar, maka tidak akan ada masalah.


2. Modul Kepribadian
modul kepribadian

Nah pada tahap ini, terdapat banyak poin penting pada hasil yang diberikan perihal kepribadianmu. Kamu di sini harus mengisi formulir dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan dengan benar dan sesuai dengan diri kamu sendiri supaya hasil yang didapat mengenai diri kamu atau potensi yang kamu miliki tepat.

Berikut di bawah ini adalah hasil kepribadian saya dari mengisi form dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai diri saya.

hasil kepribadianku dengan youthmanual


3. Modul Minat
modul minat

Sama halnya dengan Modul Kepribadian, di Modul Minat kamu harus mengisi jawaban sesuai kebenaran tentang diri kamu. Dari modul minat, hasil mengenai minat saya adalah seperti di bawah ini.

hasil modul minat
Dari hasil modul minat, terdapat tiga minat tertinggi saya dan juga tiga minat lainnya. Berikut tiga minat tertinggi saya beserta deskripsi penjelasannya.

tiga minat tertinggi


Nah kalau tiga minat lainnya di bawah ini merupakan tiga minat yang kurang saya minati dan direkomendasikan oleh Youthmanual untuk tidak ada salahnya mencoba minat tersebut.

tiga minat lainnya


Gaya Belajar
gaya belajar

Untuk mendapatkan tips tentang gaya belajar kamu, kamu harus menyelesaikan tes tahap Gaya Belajar ini. Dalam tesnya, kamu akan diberi pilihan seperti gaya belajar bagaimana yang lebih kamu suka. Setelah menyelesaikan serangkaian tes pada tahap gaya belajar ini, maka dibagian akhir adalah hasil dan tips dari Youthmanual yang direkomendasikan buat kamu. Contoh hasil dan tips yang direkomendasikan buat saya seperti di bawah ini.

hasil gaya belajar

Untuk mengetahui tips-tipsnya, saya tinggal klik pada tombol berwarna biru (bagian yang berwarna biru).


4. Modul Kemampuan
modul kemampuan

Tahap modul kemampuan ini menurut saya merupakan tahap yang menarik, kamu akan mengetes kemampuanmu dengan menyelesaikan tahap ini. Ada banyak soal-soal yang dipertanyakan dan harus segera kamu jawab dengan waktu yang telah diberikan. Silahkan kamu gunakan kertas dan pensil atau sebangsanya untuk membantu kamu menyelesaikan soal. Karena menurut saya, soal-soal yang diberikan di tahap modul kemampuan ini telah membuat saya cukup berpikir keras. Nah di bawah ini merupakan salah satu contoh soal yang ada dari serangkaian bagian tes kemampuan yang telah saya selesaikan.

salah satu contoh soal tes

Dalam tes pada modul kemampuan ini terdapat 6 bagian dengan macam-macam soal yang berbeda. Ke enam bagian tersebut adalah sebagai berikut.

6 bagian tes
Setelah menyelesaikan ke enam bagian tes kemampuan, maka saya mendapati hasil dari tes tersebut. Dari hasilnya seperti di bawah ini.

hasil modul kemampuan

Dari hasilnya, terdapat enam kesimpulan pula yaitu mengambil kesimpulan dengan pola, mengambil kesimpulan dengan fakta, logika matematika, membayangkan bentuk tiga dimensi, kecepatan dan ketelitian, memahami bacaan. Dan dari ke enam kesimpulan tersebut, masing-masing terdapat 5 bagian yang menjelaskannya yaitu bagian deskripsi, kemampuanmu, pengaruh dalam kehidupan, hal yang mudah dan sulit, serta tips sukses.


5. Personal Values
modul personal values

Personal values, kalau di artikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah nilai-nilai pribadi. Nah dengan menyelesaikan tahap ini kamu akan mengetahui hasil dari nilai-nilai pribadi kamu. Contoh soal dalam tahap ini adalah sebagai berikut.

contoh soal personal values
Kemudian dengan menyelesaikan semua soalnya, maka yang didapat dari hasilnya adalah sebagai berikut.

hasil personal values


6. Keterampilan 21st Century
keterampilan abad 21 segera hadir

Pada tahap ke 6 ini lagi berstatus "Cooming Soon". Dari namanya aja sudah keren, pasti bakalan gak kalah menariknya tahap ke enam ini dengan tahap lainnya.


7. Eksplorasi Profesi
tahap eksplorasi profesi

Nah setelah menyelesaikan tahap modul minat dan kemampuan, maka kamu dapat melihat rekomendasi profesi dari Youthmanual berdasarkan tingkat kecocokan potensi diri kamu.

eksplorasi profesi

Berdasarkan preferensi saya, terdapat 2 profesi yaitu Desainer Grafis dan Blogger. Untuk bisa melihat semua profesi lainnya yang direkomendasikan, saya tinggal klik tombol Semua yang ada di samping tombol Preferensimu.


8. Eksplorasi Juarusan
tahap eksplorasi jurusan

Sama halnya dengan Eksplorasi Profesi yang memberi rekomendasi profesi, kalau Eksplorasi Jurusan ini memberi rekomendasi jurusan saya dengan tingkat kecocokan yang dihasilkan setelah menyelesaikan tahap-tahap sebelumnya. Hasilnya adalah sebagai berikut.

rekomendasi jurusan


9. Eksplorasi Kampus
tahap eksplorasi kampus

Nah pada tahap ini saya bisa melakukan eksplorasi (penjelajahan) perihal kampus-kampus yang ada di Indonesia, untuk mengetahui informasi yang ada. Sangat membantu bukan, untuk kamu yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi.

10. Tanya Youthmanual
tanya youtmanual segera hadir

Nah pada tahap terakhir pada peta perjalanan ini juga masih berstatus "Cooming Soon". Mungkin pada tahap Tanya Youthmanual ini, akan memberikan fitur tanya-tanya atau konsultasi. Wahh, bakalan makin lengkap dan manteb nih.

Selain yang ada pada Peta Perjalanan, masih banyak lainnya yang akan segera hadir seperti pada CHEKLIST di bawah ini.

yang akan hadir lainnya

Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan fitur premium dari Youthmanual dan segera merancang masa depan dengan mengenali potensi diri? Apabila kamu tertarik, segera lakukan pendaftaran dan jangan lupa gunakan kode KEJARMIMPI10 untuk mendapatkan diskon 10% dari harga Explorer 79 Ribu.

register youthmanual

Mumpung harga masih 79 ribu plus dapat diskon 10%, yuk buruan daftar. Saya dan sekitar 150.501 pelajar dan mahasiswa pun juga sudah menggunakan Youthmanual dan mulai merancang masa depan. Berikut beberapa kata teman tentang menggunakan Youthmanual.

testimoni youthmanual


Nah setelah membahas tentang merancang masa depan dengan mengenali potensi diri bersama Youthmanual, kini saya juga mau merekomendasikan Alat Perang (istilahnya) yang cocok buat kamu yang sedang berusaha meraih mimpi. Yaitu sebuah Laptop Acer Swift 3. Ya! Alat perangnya adalah sebuah laptop.

Kamu yang masih duduk di bangku perkuliahan, tentu tak lepas dengan yang namanya laptop. Laptop sudah menjadi kebutuhan bagi setiap mahasiswa karena bisa dan mudah untuk dibawa kemana-mana baik buat mengerjakan suatu hal atau menyelesaikan tugas kuliah. Beda dengan komputer yang berdiam pada suatu tempat (gak bisa dibawa kemana-mana).

Nah masalahnya, laptop apa yang pas buat pelajar atau mahasiswa? Buat kamu yang mau beli laptop, rekomendasi saya adalah Acer Swift 3. Kenapa Acer Swift 3?


acer swift 3

1. Acer Swift 3, Laptop Super Stylish


Sesuai dengan yang diutuhkan kebanyakan pelajar atau mahasiswa adalah laptop yang bisa dibawa kemana-mana. Nah Acer Swift 3 ini adalah laptop 14" dengan desain yang super tipis (17.95 mm) dengan bobot yang ringan (1.5 kg). Cocok kan buat kamu pelajar atau mahasiswa yang memiliki aktiviitas dengan mobilitas tinggi.

Dengan adanya juga desain yang Super Stylish pada Acer Swift 3 ini, membuat tampilan laptop ini makin keren dan kece. Nah apabila kamu menginginkan laptop Acer Swift 3 ini, maka ada dua varian warna yang bisa kamu pilih, yaitu Luxury Gold dan Sparkly Silver.

2. Acer Swift 3, Spesifikasi Tinggi Penunjang Produktivitas


Selain dari segi style yang super stylish itu, terdapat juga spesifikasi yang tinggi pada segi kinerjanya. Acer Swift 3 ini memiliki prosesor Intel® CoreTM i5-6200U dengan RAM sebesar 4GB DDR4 di dalamnya. Pada sistem operasinya pun juga bersistem operasi Windows 10 yang mana spesifikasi tersebut juga bakalan bikin produktivitas kamu berjalan dengan maksimal.

Selain itu, Acer Swift 3 dengan spesifikasi penyimpanan 256GB SSD yang juga dilengkapi Dual Band WLAN AC 2×2 MU-MIMO, yang suka berselancar di Internet, akan membuat kamu semakin ketagihan karena kecepatan yang bertambah lima kali lebih cepat dari biasanya.

3. Acer Swift 3, Daya Tahan Baterai Hingga 12 Jam


Acer Swift 3 ini memiliki daya tahan baterai yang unggul dikelasnya. Daya tahan baterai yang hingga 12 jam, pelajar atau mahasiswa gak perlu lagi bawa-bawa charger karena takut kehabisan baterai. Toh setelah di charger penuh, Acer Swift 3 siap menemani aktivitasmu hingga 12 jam atau selama setengah hari.

spesifikasi acer swift 3


Nah bagaimana? Pelajar atau mahasiswa recomended banget deh pake Acer Swift 3 ini. Desain yang enak, keren dan mudah dibawa kemana-mana, kinerja yang gak diragukan lagi serta baterai yang tahan lama buat ngedampingin aktivitas kamu. Kamu bakal merasa kayak pelajar sesungguhnya, hehehe.


Nah telah sampai pada bagian akhir, semoga artikel yang saya sampaikan ini dari kalimat paling atas, sampai kalimat paling bawah mengandung banyak kebermanfaatan buat kamu semua. Sampai Jumpa!



Referensi artikel : Youthmanual.com & Acerid.com

13 comments:

  1. Replies
    1. Iya, jangan lupa coba akun premium youthmanual ya ^_^

      Delete
  2. Boleh juga tuh mengenali potensi diri dengan youthmanual, makasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cuman buat nikmatin fitur mengenali potensi diri kak wahyu harus registrasi akun premium youthmanual ya, cuman 79 ribu + dapat diskon kalau segera registrasi. ^_^

      Delete
  3. wah.. Website youthmanual fiturnya bagus ya.. Harus daftar nih.. Harganya murah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mumpung ada diskon 10% juga ini kak. Buruan daftar ya ^_^

      Delete
  4. patut dicoba
    nice info gan :) (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, segera dicoba ya mumpung ada promo. Semoga bermanfaat ^_^

      Delete
  5. kayaknya mantap tuh acer swift 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manteb gan, cocok buat pelajar atau mahasiswa buat penunjang produktivitas. Hehehe

      Delete
  6. ijin coba gan, nice info lengkap banget (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, silahkan dicoba ya. Terimakasih, semoga bermanfaat ^_^

      Delete