Bangkit dan Kembangkan Bisnismu di Era Digital

bangkit dan kembangkan bisnismu di era digital
Pembuka

Zaman dulu dengan zaman sekarang, sangat jauh perbedaannya baik dari segi kehidupan sehari-hari setiap masyarakat di Indonesia, lingkungan, maupun dari segi lainnya. Pengaruh utama terciptanya kondisi tersebut salah satu penyebabnya karena adanya perkembangan dan kemajuan dari bidang teknologi informasi dari masa ke masa (era digital).

Telah kita ketahui, kebanyakan anak muda zaman sekarang ini dalam kehidupan sehari-harinya tak lepas dari yang namanya barang digital, misalnya saja HP dan komputer. Bahkan anak-anak yang masih kecil pun juga tak sedikit yang sudah bisa mengoperasikan barang digital tersebut, termasuk juga orang tua yang mengikuti perkembangan teknologi.

Nah dengan demikian, sebaiknya kita mampu memanfaatkan era digital ini dengan sebaik-baiknya. Dengan kata lain menjadikan era digital ini menjadi era yang positif dan menguntungkan, terutama dalam hal bisnis untuk mengais rezeki.

Tak lepas dari itu, saya membuat postingan ini dengan judul "Bangkit dan Kembangkan Bisnismu di Era Digital" supaya dan semoga menjadikan kebermanfaatan buat semua, khususnya dalam segi bisnis di era digital buat kamu yang GAPTEK.

Perlu kamu ketahui, bukan hanya gaya hidup yang harus mengikuti perkembangan zaman, bisnis pun juga perlu supaya bisnis tetap berkelanjutan dan makin maju ataupun berkembang. Lalu bagaimana menjalankan bisnis di era digital, supaya tidak mengalami keterpurukan dan gitu-gitu saja dalam bersaing di pasar?

internet marketing sebagai metode bisnis di era digital

Apa sih Internet Marketing itu? Intinya, internet marketing merupakan metode pemasaran bisnis baik produk atau jasa maupun lainnya dengan menggunakan internet. Telah kita ketahui kalau internet di zaman era digital ini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia, sehingga sangat cocok buat memasarkan bisnismu lebih meluas.

keuntungan menggunakan internet marketing

Kemudian apa saja keuntungan menggunakan internet marketing untuk bisnis daripada tidak? Berikut keuntungan-keuntungannya.

1. Jangkauan pasar lebih luas dan efisien


Di atas sudah saya singgung kalau internet sudah menyabar ke berbagai penjuru dunia, sehinggal hal inilah yang bisa menyebabkan bisnis kamu akan dikenal atau bahkan dibutuhkan banyak orang secara meluas (tidak hanya orang Indonesia saja). Namun selain itu, metode penerapan internet marketing juga terdapat teknik atau strategi mencari jangkauan pasar yang tertarget sehingga mampu menjadikan bisnismu lebih efisien.

2. Memudahkan konsumen


Era digital merupakan era yang kebanyakan serba instan, nah hal ini juga dapat memudahkan calon konsumen kamu. Maksudnya begini, dengan adanya metode internet marketing pada bisnis kamu, maka dapat memudahkan calon konsumen yang mau menggunakan atau membutuhkan bisnismu hanya dengan menggunakan barang digital yang terkoneksi internet (lebih praktis).

3. Dapat di akses dimanapun


Kamu tidak harus menuju ke kantor atau berkunjung dari rumah ke rumah untuk memasarkan bisnismu, dengan internet marketing, kamu bisa melakukan pemasaran dimanapun dengan duduk santai hanya dengan mengoperasikan barang digital seperti HP maupun komputer yang terkoneksi jaringan internet.

4. Biaya relatif murah


Selain keuntungan-keuntungan di atas, saya rasa menggunakan internet marketing biaya yang dikeluarkan juga cukup murah, bahkan kamu bisa saja hanya membutuhkan kuota data maupun langganan internet dan waktu untuk menerapkan metode internet marketing. Namun tetap saja membutuhkan yang namanya modal, meskipun relatif murah.

kekurangan menggunakan internet marketing

Selain keuntungan/kelebihan internet marketing, sekarang mengenai kekurangan nternet marketing. Berikut kekurangan dari menggunakan internet marketing.

1. Tidak melihat produk secara langsung


Buat kamu yang memiliki bisnis yang berkaitan dengan produk (bukan jasa), maka kekurangannya adalah konsumen tidak secara langsung melihat maupun menyentuh produk yang kamu pasarkan dalam bisnis. Sehingga kamu harus memberikan keyakinan pada calon konsumen dan memberikan pelayanan yang baik dan nyata (sesuai pemasaran) terhadapnya.

2. Konsumen dapat membatalkan orderan


Nah yang banyak di alami dan merugikan pebisnis adalah batalnya orderan dari konsumen, hal ini menjadi kekurangan menggunakan internet marketing karena konsumen dapat membatalkan orderannya sesuka hati. Nah untuk mengatasinya, pebisnis harus menyertakan kesepakatan dengan konsumen dalam marketingnya.

jenis dan strategi internet marketing

Kemudian apa saja sih jenis dan bagaimana strategi internet marketing. Jenis dan strategi internet marketing meliputi SEO, SEM, pemasangan iklan, refferal, affiliate, email marketing, inbound, serta sosial media marketing.

Untuk bisa mempelajari semua itu, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak maupun kursus. Otodidak atau belajar sendiri dengan kursus pastilah memiliki perbedaan. Otodidak menurut saya akan cukup lama menguasai apa yang dipelajari dan ilmu pentingnya harus bisa menemukan sendiri. Sedangkan kalau kursus, kamu bisa lebih cepat (karena ada pembimbing) dan mampu mengembangan lebih apa saja ilmu penting yang telah diajarkan.

Buat kamu yang kepingin kursus, kamu bisa menggunakan layanan kursus internet marketing bersama Babastudio. Dengan mengunjungi situs resminya www.babastudio.com kamu bisa melihat layanan apa saja yang disediakan pihak Babastudio, termasuk Kursus Internet Marketing, Studi Internet dan Digital Marketing serta Studi Jualan Online.

Ayo tunggu apa lagi? Dengan mengunjungi dan melihat detail situs Babastudio, maka kamu bisa melihat kalau Babastudio sudah bayak dipercaya oleh universitas, perusahaan maupun situs besar. Babastudio juga pernah diliput banyak media ternama, diantaranya situs Detikcom dan Metro TV. Selain itu, Babastudio juga sudah membuktikan bimbingannya mampu membawa peserta kursus dalam meraih prestasi dan Babastudio pun sudah berdiri sejak lama dan memiliki banyak alumni.

Yuk lihat dulu dan segera kursus di Babastudio! Kunjungi www.babastudio.com.

Penutup

Demikian artikel yang saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kebangkitan dan mengembangkan bisnis kamu di era digital. Sampai Jumpa . . .

Baca Juga : Kebangkitan wanita indonesia dengan mengenal website toko online dan mobile app

3 comments:

  1. Ada ribuan peluang usaha yang bisa kita geluti di era digital seperti sekarang, untuk memulainya, tentu dibutuhkan soft skil agar mampu bersaing dan menjadi yang terbaik. Berkat layanan kursus internet marketing bersama Babastudio baba studio, semakin banyak orang yang semula Gaptek & tak berkembang, bisa tertolong dan menjadi manusia yang sepenuhnya manusia dalam tanda kutip mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sepenuhnya,,,
    ------------------------------
    , Terima kasih baba studio....

    ReplyDelete
  2. Manfaatkan internet untuk mencari uang

    ReplyDelete
  3. Wah peluang banget ini ya!>.. Apalagi kita semakin dipermudah cari uang lewat internet!...

    ReplyDelete