Orang Indonesia, Pakai Produk SNI #SNImelindungikonsumen

sni melindungi konsumen bsn fun bike
Pembuka

Kamu orang Indonesia, pasti sudah tak asing lagi dengan tanda SNI yang terpampang pada sebuah produk helm. Namun tak hanya itu, tanda SNI ini merupakan singkatan dari Standar Nasional Indonesia yang artinya menjadi standarisasi produk-produk yang berlaku secara nasional di Indonesia. Dengan kata lain, banyak sekali produk Indonesia yang telah terdapat tanda SNI. Beberapa diantaranya ada pada air mineral alami, air minum dalam kemasan, regulator LPG, ban-ban kendaraan bermotor dan pada sepeda roda dua. Masih banyak produk diantaranya, oleh sebab itu kamu harus memperhatikan betul ada atau tidaknya tanda SNI pada produk yang hendak kamu beli.

Kenapa kamu harus memperhatikan ada atau tidaknya tanda SNI pada sebuah produk? Untuk kenapanya, silahkan kamu simak alasannya sebagai berikut.

Tentang SNI

tentang SNI
Adanya SNI di rumuskan oleh Komite Teknis dan ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional). SNI pun telah dirumuskan dengan memenuhi WTO Code of good practice supaya mendapat keberterimaan luas terhadap para Stakeholder yaitu dengan prinsip keterbukaan, transparansi, konsensus dan tidak memihak, efektif dan relevan, koheren serta berdimensi pembangunan. Dengan adanya prinsip berdimensi pembangunan, SNI telah memperhatikan kepentingan publik dan kepentingan nasional yang artinya terdapat potensi SNI meningkatkan daya saing dalam pasar bebas. Selain itu, sebelum adanya tanda SNI pada suatu produk, maka dilakukan terlebih dulu serangkaian penerapan pada produk tersebut.

Penerapan SNI

penerapan sni
Dengan adanya penerapan SNI, maka produk yang telah terdapat tanda SNI, dengan demikian telah melalui serangkaian uji teknis oleh instansi pemerintah yang memiliki kewenangan. Dalam penerapannya pun juga dilakukan secara hati-hati, hal ini dimaksudkan supaya produk yang dihasilkan mampu meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi dan menjamin persaingan usaha yang sehat serta tak tertinggal untuk melindungi konsumen.

Menggunakan SNI

menggunakan sni
Menggunakan produk dengan tanda SNI, rekomendasi banget buat kamu. Pasalnya produk yang telah melewati serangkaian penilaian tersebut sudah pasti teruji kualitas dan keamanannya hingga siap buat melindungi konsumen.

Tak lepas dari itu, produk yang terdapat tanda SNI telah melindungi konsumen dengan empat faktor yaitu keselamatan, keamanan, kesehatan dan fungsi kelestarian lingkungan. Sebagai contohnya begini, kamu orang Indonesia, telah diwajibkan untuk menggunakan helm yang telah terdapat tanda SNI. Pemberlakuan ini pun telah tertulis dalam undang-undang yang ditetapkan pemerintah.

Dengan kata lain, pemerintah indonesia telah menghimbau kita untuk menggunakan helm berstandar nasional Indonesia karena pada helm tersebut telah terdapat empat faktor tersebut. Berikut rincian penjelasaannya.

1. Keselamatan

Helm sudah pasti fungsinya untuk melindungi bagian kepala daripada tubuh kamu, namun perlu kamu ketahui, berdasarkan data yang saya peroleh dari informasi pencarian Google, 1 : 3 kecelakaan lalu lintas pengguna motor yang terjadi di Indonesia mengalami cedera pada kepala. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, pasalnya cedera bagian kepala sangat sensitif pada kecelakaan berujung kematian.

Nah oleh sebab itu, untuk meminimalisir benturan yang dapat mengakibatkan cedera pada kepala maka diberlakukannya helm berstandar nasional Indonesia. Helm SNI telah melewati uji pelindung dagu dan uji sifat mudah terbakar serta adanya faktor keamanan.

2. Keamanan

Tak lepas dari faktor keselamatan, dari segi faktor keamanan helm dengan tanda SNI telah lolos uji penyerapan kejut, penetrasi, efektifitas sistem penahan, kekuatan sistem penahan dengan tali pemegang, pergeseran tali pemegang, ketahanan terhadap keausan dari tali pemegang serta uji impak miring. Selain itu, helm ber SNI dalam sisi bahan material juga bagus dan kuat yang mampu memberi keamanan daripada helm tanpa tanda SNI.

3. Kesehatan

Dari faktor kesehatan, helm SNI menggunakan bahan material yang juga memperhatikan tentang kesehatan. Bahan tersebut merupakan bahan yang tidak akan menyebabkan iritasi maupun penyakit kulit, serta bagi kamu yang menggunakan helm full face SNI, maka helm tersebut telah menjaga kesehatan daripada mata dan sistem pernafasan dari debu jalanan.

4. Kelestarian Lingkungan

Yang terakhir adalah faktor kelestarian lingkungan. Kita orang Indonesia, sudah seharusnya menggunakan helm berstandar nasional Indonesia daripada helm yang tidak berstandar nasional Indonesia. Alasannya tak lain karena kita harus melestarikan lingkungan dengan produk-produk Indonesia yang telah memenuhi SNI. Istilahnya, kita harus bangga pakai helm SNI, begitupula dengan produk SNI lainnya. Sehingga kita telah membantu potensi SNI meningkatkan daya saing untuk kemajuan Indonesia dari segi keselamatan, keamanan dan menjalani hidup yang sehat.

Kemudian selain itu, pasar di Indonesia telah banyak bertebaran oknum-oknum yang membuat barang tiruan hanya untuk mendapat keuntungan semata. Oleh sebab itu, berikut tips buat kamu untuk membedakan mana produk SNI asli dan yang palsu.

membedakan sni asli dan palsu 1
membedakan sni asli dan palsu 2

Penutup

Pada dasarnya produk SNI lebih mahal harganya ketimbang produk yang bukan SNI. Namun kata pepatah mengatakan "Ada Harga, Ada Kualitas", dengan harga yang lebih mahal (bukan berarti sangat mahal) maka kamu juga mendapatkan kualitas dari faktor keselamatan, keamanan dan kesehatan yang konon katanya kesehatan itu paling mahal harganya.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat untuk seluruh orang Indonesia agar tergerakkan menggunakan produk SNI.

*Sumber referensi
- bsn.go.id
- jpnn.com
www.youtube.com/user/snibsn
- dan berbagai sumber informasi dari pencarian google

#SNImelindungikonsumen

10 comments:

  1. Keren artikel nya sangat bermanfaat dan seharusnya waega indonesia lebih menggunakan produk standar SNI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus mas, sesuai artikel saya di atas. Produk SNI sangat direkomendasikan banget. Untuk daftar produk-produk yang sudah berstandar nasional Indonesia, bisa dilihat di bsn.go.id mas.

      Delete
  2. ALhamdulillah saya selalu make barang-barang yang udah yang ber SNI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, seharusnya memang begitu. Orang Indonesia, Pakai Produk SNI, hehehe

      Delete
  3. Alhamdulillah saya selalu menggunakan barang yang sudah berpredikat SNI... dan aman pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pasalnya produk yang sudah terdapat tanda SNI (asli) sudah lolos serangkaian uji teknis dan sebagainya seperti penjelasan artikel di atas.

      Delete
  4. Mntap gan.. cinta produksndiri lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, apalagi SNI juga memiliki tujuan mulia untuk melindungi konsumen. Meskipun agak mahalan, yang penting terlindungi daripada murahan malah resiko. hehehe

      Delete
  5. Gini dong.. Cinta ama produk local

    ReplyDelete
  6. Selain memajukan ekonomi lokal juga increase kepercayaan warga Indonesia
    #banggajadianakindonesia

    ReplyDelete