Tips Liburan Lebaran dan Tahun Baru ke Luar Negeri Bersama Keluarga

tips liburan lebaran dan tahun baru ke luar negeri bersama keluarga
Pembuka

Lebaran dan tahun baru merupakan waktu yang sangat cocok buat jadwal liburan. Pasalnya, lebaran dan tahun baru merupakan hari dimana kamu bisa mendapatkan cuti yang lumayan panjang (baik untuk pelajar / pekerja). Di saat lebaran itu juga, pastilah banyak keluarga yang pulang kampung dan ngumpul bersama baik untuk melaksanakan adat lebaran atau sekedar silaturahmi sebagaimana mestinya orang muslim. Begitupula dengan tahun baru, tahun baru sangat identik dengan liburan dan melakukan perayaan bersama-sama menyambut tahun yang baru. Oleh sebab itu, sangatlah cocok bila kamu menjadwalkan liburan bersama keluarga saat lebaran (pasca silaturahmi) dan tahun baru.

Lalu bagaimana kamu menentukan tempat berlibur yang cocok saat lebaran dan tahun baru? Ada banyak sekali tempat yang bagus dan cocok di dunia ini, atau bahkan di Indonesia saja juga banyak tempat menarik yang bisa dipilih buat kamu jadikan tempat berlibur.

Namun kali ini diriku akan memberikan tips buat kamu yang mau liburan ke luar negeri bersama keluarga. Apa saja tipsnya? Silahkan disimak buat kamu.

menentukan tempat berlibur

Di luar negeri, dimana kamu akan menentukan tempat untuk berlibur? Kamu bisa menentukan tempat berlibur di luar negeri yang cocok bersama keluarga dengan berdasarkan kondisi cuaca (musim). Menentukan kondisi cuaca atau musim yang pas untuk berlibur ke luar negeri, maka akan menjadikan liburan asyik bersama keluarga tercinta. Jangan sampai kamu salah menentukan, salah-salah liburanmu bersama keluarga gak asyik malah jadi berantakan.

Lebaran di tahun 2017 ini bertepatan di tanggal tua bulan Juni. Jadi kamu harus mencari informasi yang cocok buat liburanmu di bulan Juni nanti atau awal bulan Juli. Kamu bisa mencari informasi di Google atau mesin pencari lainnya yang kaya akan informasi di dunia ini.

Sebagai contoh atau rekomendasi untuk liburanmu ke luar negeri, misalnya saja ke Jepang. Jepang pada bulan Juni sampai Agustus memiliki suhu berkisar antara 30-35⁰C yang artinya pada suhu tersebut, di Jepang sedang mengalami musim panas dan juga lembab. Sayangnya kalau musim panas kamu tidak bisa menjumpai indahnya bunga sakura bermekaran, pasalnya bunga sakura mekar pada musim semi.

Namun tak lepas dari itu, masih banyak yang dapat kamu nikmati di Jepang ketika musim panas. Kamu juga bisa mengunjungi Tokyo yang terkenal dengan konsep kota cerdasnya (Smart City) dan Hokkaido yang kabarnya sangat cocok buat liburan musim panas karena suhu yang dimiliki tidak begitu tinggi. Lalu bagaimana dengan tempat wisata di Jepang yang patut di kunjungi ketika musim panas? Berikut beberapa tempat wisata dan hiburan di Jepang yang bisa kamu nikmati bersama keluarga tercinta.

pantai di okinawa
pantai di jepang
festival jepang musim panas

Selain tempat wisata dan hiburan di atas, tentu masih banyak lagi lainnya. Misalnya saja seperti tempat-tempat pameran anime (kartun jepang) buat kamu yang suka anime, tempat tentang teknologi, tempat sejarah, dan tak lupa dengan menikmati kuliner khas dari Jepang. Ada banyak kan kuliner jepang seperti sushi, mochi, dorayaki, yakiniku, onigiri, teriyaki, soba, ramen, okonomiyaki, hiyamugi, hiya-yakko dan takoyaki. Tapi buat kamu orang muslim, jangan makan makanan yang tidak diperbolehkan dalam ajaran agama islam.

Tak lepas dari itu, kamu pasti juga akan merasakan perbedaan suasana di Jepang dengan Indonesia. Lalu bagaimana dengan liburan tahun baru? Sama halnya dengan mencari informasi waktu liburan lebaran, tahun baru kamu harus mencari informasi musim (cuaca) yang pas buat liburanmu dan keluarga. Tahun baru selalu bertepatan di bulan Januari, jadi kamu harus mencari tempat tujuan luar negeri mana yang cocok buat liburanmu di bulan Januari.

persiapan

Setelah menentukan luar negeri mana yang akan kamu kunjungi untuk tempat berlibur, kini kamu harus menggali sedetail mungkin informasi mengenai tempat tujuan tersebut. Biar sejalan dengan tips pertama "menentukan tempat berlibur ke Jepang", maka kamu harus menggali informasi mengenai Jepang ketika musim panas. Beberapa tips persiapannya adalah sebagai berikut.

kesehatan

Kamu dan keluarga tentu tidak akan berangkat berlibur ke luar negeri dalam kondisi yang kurang fit kan? Kesehatan ini sangat berpengaruh dengan asyik atau tidaknya liburanmu nanti. Apalagi cuaca musim panas di Jepang pastilah berbeda dengan musim kemarau di Indonesia. Kalau pergantian musim di Indonesia saja banyak orang yang terkena sakit, maka bisa saja kamu mengalami hal yang serupa ketika di Jepang.

Oleh sebab itu, menjalani pola hidup yang benar adalah solusinya. Kamu dan keluargamu harus berangkat berlibur dalam kondisi yang fit (sehat). Tak lupa kamu harus membawa obat-obatan (bukan obat terlarang) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

menghadapi musim panas di jepang

Kamu bisa membawa perlengkapan-perlengkapan tersebut untuk menghadapi musim panas di Jepang. Perlengkapan tersebut bisa saja kamu membelinya ketika sudah di Jepang, namun untuk menghemat pengeluaran, lebih baik kamu membawanya dari rumah yang kebanyakan orang pasti sudah mempunyai perlengkapan tersebut.

Dan kamu (beserta keluarga) sebaiknya mengenakan baju dari bahan katun, pasalnya kain katun mudah menyerap keringat dan cepat kering terkena angin, cocok digunakan di cuaca panas. Selain itu, hindari penggunaan baju dengan warna hitam. Mengenakan baju warna hitam malah akan mempercepat dan membuat tubuhmu semakin panas.

Perlu kamu ketahui, kalau kamu memilih berlibur di Negara lain yang musimnya berbeda (selain musim panas), kamu harus mencari informasi terkait musim pada saat itu. Misalnya saja kamu memilih di Negara lain yang sedang mengalami musim salju, maka kamu harus mengenakan pakaian yang cenderung lebih tebal dan hangat supaya bisa menikmati liburan musim salju. Begitupula dengan perlengkapan lainnya.

liburan sendiri atau agen travel

Budget pastilah kamu sudah harus menyiapkan untuk berlibur. Cuman bedanya kamu gunakan budgetmu buat liburan sendiri atau bareng agen travel. Tidak bisa dipungkiri, liburan ke luar negeri dengan liburan di negeri sendiri pasti sangat berbeda, apalagi kalau kamu pertama kali berkunjung ke negara tujuan tersebut. Bingung pilih liburan bersama keluarga sendiri atau liburan bersama keluarga bareng agen travel? Simak beberapa hal di bawah ini untuk menentukan keputusan yang tepat buat kamu.

mana yang lebih hemat

Berdasarkan banyaknya studi kasus, liburan sendiri akan dirasa lebih hemat ketimbang liburan bareng agen travel. Hal ini dikarenakan kalau kamu liburan sendiri tidak akan membayar jasa agen travel, sedangkan kalau bareng agen travel, kamu harus membayar jasa agen travel.

Tapi sebenarnya, hal tersebut kuranglah tepat. Dengan kata lain, kamu bisa saja lebih boros ketimbang menggunakan jasa agen travel, begitupula sebaliknya. Jangan hanya karena kamu harus bayar jasa agen travel, maka kamu menetapkan kalau liburan bareng agen travel itu lebih boros. Pasalnya banyak juga agen travel yang memberikan harga bersaing lebih murah dan memberikan juga paket promo, apalagi ketika menjelang musim liburan tiba (seperti liburan lebaran dan tahun baru), yang kemungkinan besar akan banyak agen travel yang memberikan promo untuk bersaing dengan agen travel lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan, kalau kamu berniat liburan sendiri bersama keluarga, kamu harus tahu betul bagaimana kondisi luar negeri tempat tujuan berliburmu. Misalnya saja ke Jepang, kamu harus tahu mana penginapan yang paling murah di Jepang. Hal lainnya seperti transportasi dan lain-lain. Beda kalau kamu liburan bersama keluarga bareng agen travel, kamu bisa saja mendiskusikan dengan agen travel jauh-jauh hari sebelum keberangkatan berlibur untuk meminta penginapan yang lebih murah. Agen travel yang profesional pasti memahami betul informasi terkait kondisi tempat tujuanmu berlibur.

mana yang lebih praktis

Kalau disuruh pilih mana yang lebih praktis antara liburan sendiri dengan liburan bareng agen travel, pasti yang lebih praktis adalah liburan bareng agen travel. Ibaratnya kalau kamu liburan bareng agen travel, kamu hanya tinggal duduk manis dan menikmati liburanmu. Sedangkan kalau kamu liburan sendiri, kamu harus siap-siap repot untuk menghadapi situasi di luar negeri yang terkadang sumber informasi yang kamu baca tidak sesuai dengan kenyataan.

Seperti poin pertama yang sudah saya tuliskan tadi, kalau kamu pilih liburan bareng agen travel, kamu gak perlu bingung cari penginapan yang murah, kamu gak bingung cari angkutan umum biar lebih hemat, dan kamu juga gak bingung cari destinasi menarik di luar negeri tujuan kamu berlibur. Karena kamu akan dipandu oleh pemandu dari agen travel tersebut.

mana yang lebih aman

Yang terpenting adalah liburanmu aman, apalagi kamu berlibur bersama keluarga. Aman harus dijadikan yang utama, jangan sampai kamu dan keluarga mengalami hal yang tidak diinginkan oleh kebanyakan orang. Lalu, lebih aman mana antara liburan sendiri dengan liburan bareng agen travel?

Kalau menurutku lebih aman liburan bareng agen travel, pasalnya di poin dua tadi sudah diriku tuliskan kalau kamu liburan bareng agen travel, kamu akan selalu di pandu oleh pemandu dari agen travel tersebut. Sedangkan kalau kamu bersama keluarga pilih liburan sendiri, maka diantara kalian harus ada pemandu, dengan kata lain pemandu tersebut harusnya sudah pernah ke tempat tujuan kamu berlibur. Kalau diantara kalian tidak ada yang pernah ke luar negeri tujuan kamu berlibur, maka bisa dikatakan liburanmu tidak aman. Toh kejahatan tindak kriminal tidak hanya di Indonesia saja yang ada, bahkan bisa jadi di Negara lain tujuan kamu berlibur akan lebih parah. Bahkan bisa dikatakan kalau kamu ke luar negeri, kamu adalah orang asing, dan orang asing kerap kali dijadikan sasaran tindak kriminal yang empuk.

Tidak ada salahnya berlibur lebih boros sedikit dengan liburan bersama keluarga bareng agen travel daripada kamu lebih hemat, tapi menanggung banyak resiko dan berpotensi buruk tentang liburanmu bersama keluarga.

tentukan pilihanmu

Pilihan ada pada keputusanmu sendiri, atau kamu juga bisa merundingkan perihal liburan dengan keluargamu sebelum memutuskan pilihan mana yang tepat buat kamu dan keluargamu berlibur ke luar negeri.

Apabila kamu memilih liburan bersama keluarga bareng agen travel, silahkan lanjutkan membaca tips memilih agen travel buat liburanmu.

memilih agen travel

Di Indonesia, mayoritas penduduknya menganut agama islam. Jadi kalau kamu memang benar orang muslim, kamu harus memilih agen travel wisata halal. Dengan menggunakan travel wisata halal, maka kamu bisa liburan tanpa harus meninggalkan kewajibanmu sebagai orang muslim. Lalu apakah orang non muslim tidak boleh menggunakan travel wisata halal? Boleh saja, hanya saja travel wisata halal memiliki kelebihan untuk mementingkan kewajiban sebagai orang islam.

Jadi dengan kata lain, kalau kamu menggunakan travel wisata halal, maka kamu tidak perlu lagi bingung melaksanakan dan mencari tempat ibadah atau tempat yang menyajikan makanan halal meskipun di negara yang penduduknya minoritas orang muslim (non muslim), seperti di Jepang.

Lalu bagaimana kamu menemukan travel wisata halal untuk liburanmu ke luar negeri? Gampang, caranya kamu tinggal cari informasi menggunakan pencarian Google dengan kata kunci "travel wisata halal ke luar negeri" maka kamu langsung menemukan beragam agen travel wisata halal.

cheria halal holiday

Di sini diriku merekomendasikan buat kamu yaitu Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia, Cheria Halal Holiday. Cheria Halal Holiday ini bergerak di bidang pelayanan membantu kebutuhan kamu untuk liburan wisata atau melakukan perjalanan ibadah dengan menu halal walaupun ke negeri non muslim. Cheria Halal Holiday juga telah melayani ribuan wisatawan maupun peziarah dengan pelayanan yang terbaik juga dengan harga bersaing, serta telah berdiri sejak tahun 2012 yang dalam arti kurang lebih lima tahun lamanya sampai saat ini.



Selain itu, Cheria Halal Holiday juga mendukung adanya Fatwa MUI tentang wisata halal. Berikut petikan Fatwa MUI tentang wisata halal. Kalau kamu ingin mengetahui lebih lengkap Fatwa MUI tentang wisata halal, silahkan baca di sini (klik linknya).

petikan fatwa MUI


paket wisata halal ke luar negeri

Sehubunugan dengan tips liburan lebaran dan tahun baru keluar negeri, Cheria Halal Holiday juga menyediakan paket tour wisata halal ke luar negeri. Beberapa paket yang tersedia adalah sebagai berikut.


Nah kalau kamu ingin mengetahui apa saja yang ada dalam paket tersebut, silahkan pilih dan klik linknya. Misalnya saja kamu pilih paket tour wisata halal Jepang, maka klik linknya Paket Tour Wisata Halal Jepang di atas. Berikut di bawah ini isi halaman paket tour wisata halal Jepang. Banyak paket-paket tour wisata halal di beberapa daerah di Jepang dengan destinasi yang menarik-menarik, silahkan tentukan pilihan liburan lebaran dan tahun barumu bersama keluarga.



Ada paket promo 2017 menarik juga nih buat kamu yang kepingin ke Jepang bareng Cheria Halal Holiday.

promo paket wisata halal jepang cheria halal holiday

Oh ya, biar kamu dan keluargamu makin yakin mau liburan ke luar negeri bareng Cheria Halal Holiday, berikut beberapa bukti testimoni dari mereka yang menggunakan layanan Cheria Halal Holiday.

tokoh ulama dan aa gym wisata bareng cheria halal holiday

Di atas adalah tokoh-tokoh ulama termasuk Aa Gym yang sedang melakukan widya wisata halal Beijing Shanghai bersama Cheria Halal Holiday. Dan tonton video-video lainnya di bawah ini, termasuk video artis Indonesia Pevita Pearce saat tour wisata bersama Cheria Travel.




Masih kurang dengan bukti testimoninya? Yuk lihat lainnya di sini.

kontak cheria halal holiday

profil cheria halal holiday


Penutup
penutup



19 comments:

  1. makasih mas tipsnya sangat berguna

    ReplyDelete
  2. berlibur memang perlu perencanaan yang pas supaya liburanbenar benar berkesan dan sesuai rencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, apalagi kalau kita liburan ke luar negeri yang tempat tujuannya belum pernah sama sekali dikunjungi. Bisa-bisa berantakan betul liburannya kalau gak kaya akan informasi.

      Delete
  3. yang seringkali gua pikirin kalo mau liburan "bawa uang berapa ya ?" eh uang ku tinggal berapa ya
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mas, kalau masalah budget harus benar-benar diperhitungkan. Kalau sudah diperhitungkan harus dilebihkan, alasannya buat jaga-jaga kalau tidak sesuai rencana yang diperhitungkan. Hehehe

      Nah kalau liburan bareng travel kan sudah diberitahu harus bayar berapa, jadi tinggal siapin budget buat beli ini beli itu deh. hehe

      Delete
  4. Izin bookmark karena masih lama :D

    ReplyDelete
  5. saya pingin liburan ke siangpore tapi besok kalau udah nikah
    makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas, sama-sama. Disegerakan ya, heheh :)

      Delete
  6. cocok ni tips-nya, apalagi ke Jepang. Jadi siap - siap nabung ni, biar bisa ke Jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mas, semoga terwujud ngeh. Hehee

      Delete
  7. Wihh!!! lengkap banget gan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, alhamdulillah. Semoga bermanfaat ya mas.

      Delete
  8. lengkap gan, informasiya bisa di jadikan referensi nih nanti

    Jual Valve

    ReplyDelete
  9. keren pantesan menang ke Aceh euy :) selamat yahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah alhamdulillah, terimakasih ya mbak :)

      Delete